SEMINAR SEHARI MANFAAT UU NO. 14 TH. 2008

BNN Banyuwangi-Seminar Sehari
Berkaitan dengan HUT Harian Memorandum ke 42, Tabloid Politik dan Hukum SUKSESI Biro Banyuwangi ( anak perusahaan Memo group/Jawa Post Group ) bersama Forum Kajian dan Study untuk Pembangunan Banyuwangi ( FKSPB ) mengadakan Seminar Sehari dengan mengambil tema Manfaat UU No. 14 Tahun 2008 Dalam Implementasi Kehidupan Bernegara ”.

Acara yang di laksanakan di RM. Mahkota Plengkung, Senin 28 November 2011 silam, di hadiri oleh para penggiat informasi, Wartawan, Ormas, LSM dan masyarakat umum ini dengan menghadirkan narasumber dari fihak Memo, adalah Direktur Memorandum Sukoto, SH , Komisi Informasi Provinsi Jatim Bidang Sosialisasi, Edukasi dan Advokasi, Imadoeddin, S.Sos, M.Si dan Ketua Penyiaran Informasi Daerah Jatim Fajar Arifianto Isnugroho, S.Sos. Bupati H.Abdullah Azwar Anas,M.Si yang direncanakan juga datang, namun berhalangan hadir di karenakan ada keperluan mendadak, dan hanya di wakili oleh Kisbangpollimas Drs. Abdullah.

Menurut Ketua Panitia penyelengara seminar yang sekaligus Ketua FKSPB, Hariadi, acara tersebut sengaja digagas dengan maksud dan tujuan untuk memperjelas atau mensosialisasikan manfaat UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kepada masyarakat, sehingga kelak terwujud Pemerintahan Yang Transparan dan Akuntabel melalui UU KIP, serta merekatkan hubungan antara pemimpin dengan rakyatnya.

Walaupun tidak serta merta dalam seminar sehari ini masyarakat akan langsung menghasilkan manfaat dalam memperoleh informasi secara benar dan lengkap, namun dengan peran media dalam mensosialisasikan UU KIP tersebut kelak masyarakat lebih mengerti dan mengetahui hak-haknya dalam memperoleh informasi.

Penjelasan yang sama juga dikemukakan Mas Choiri Kurnianto atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mas Choi, Kabiro SUKSESI Banyuwangi, bahwa kegiatan ini tidak harus berhenti hanya pada pertemuan kali ini, namun perlu terus digalakkan dengan harapan mampu mendorong bangkitnya partisipasi masyarakat dalam memperoleh informasi kebijakan public dengan benar tanpa berakibat hukum, sehingga kelak akan tercipta pemerintahan yang baik (good governance), pemerintahan yang trasparan atau lebih terbuka dalam memberikan informasi, lebih efectif dan efisien serta dapat dipertanggungjawabkan (akuntabel) dan juga tercapainya kesejahteraan seperti yang di idam-idamkan oleh seluruh masyarakat.

Dan menurut salah satu peserta," terlepas dari apapun hasil seminar yang dilaksanakan, masyarakat tetap harus memberikan apresiasi dan dukungan yang seluas=luasnya dari niat dan tujuan SUKSESI dan FKSPB untuk ikut memberikan kontribusi pemikiran demi terciptanya kesejahteraan masyarakat dan pemerintahan yang bersih, sembari menunggu kinerja dan pelaksanaan program yang telah diusung oleh SUKSESI dan FKSPB di acara seminar tersebut, karena sosialisasi melalui seminar tanpa realisasi pelaksanaan yang kongkrit kepada masyarakat jelas hanya sia-sia.Kebebasan (Roelly R)
SUKSESKAN PEMILU 2024 MENUJU INDONESIA RAYA
Terima kasih atas Kunjungan anda, Mohon tinggalkan Komentar

Recent Posts