Keutamaan orang-orang yang membaca Sholawat

Dengan Nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Keutamaan orang-orang yang membaca Sholawat-Sesungguhnya milik Alloh yang ada di langit dan di bumi dan yang meliputi keduanya. Tidaklah Alloh menciptakan semua makhluk-Nya dengan sia-sia. Semua makhluk yang diciptakan-Nya masing-masing telah ditentukan tentang derajat (kedudukan) disisi-Nya. Barang siapa yang mendapat tempat terpuji disisi-Nya berarti ia termasuk orang yang beruntung.

Adapun orang yang tinggi kedudukannya, paling dekat, paling mulia, paling terhormat, paling terpuji, dan paling dikasihi adalah baginda Rosululloh saw, kekasih dari yang paling terkasih dari seluruh hamba-hamba-Nya dari awal penciptaan makhluk hingga akhit zaman.

Alloh berfirman di dalam Al-Qur’an Karim surat al-Ahzab ayat 56 “Sesungguhnya Alloh dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat atas Nabi. Hai orang-orang berimanbershalawatlah kepadanya, dan berilah salam dengan sungguh-sungguh.”Keutamaan Sholawat

Konon menurut berita tidak ada satu malaikat, nabi. Wali, orang suci, orang shidiq, orang yang mati syahid, dan tidak ada juga satu orang yang bertaqwapun kecuali pada hari kiamat nanti dia akan berkata, “Dengan kemuliaan Muhammad, selamatkanlah aku dari siksa-Mu.”

Tidak ada seorang hambapun yang membaca shalawat kepada Rosululloh, sedangkan dia memohon kepada Tuhannya sebuah hajat, kecuali Alloh Ta’ala akan mengabulkan hajatnya. Alloh Azza wa Jalla juga akan menyingkirkan tujuh puluh macam musibah dari badannya, agamanya, hartanya dan keluarganya disebabkan fadhilah bacaan shalawat orang tersebut kepada baginda Rosululloh saw. Selain itu Alloh Tabaaraka wa Ta’ala  juga akan mengangkat untuknya tujuh puluh derajat didalam surga.

Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan barokah kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, beserta keluarganya dan ahli-ahlinya. Ya Alloh karuniakan kepadanya keutamaan, wasilah derajat yang paling tinggi disisi Engkau sebagaimana telah Engkau janjikan, sesungguhnyaEngkau Maha Tinggi lagi Maha Terpuji. Salam dan shalawat semoga selalu tercurah kepadanya sebanyak bilangan makhluk-Mu.

Disebutkan didalam kabar yang lain bahwa tidak ada sebidang tanahpun yang dibacakan shalawat kepada Nabi Muhammad saw, niscaya disana akan menjadi sebab sebagai salah satu taman dari berbagai taman di surga. Tempat itu juga akan menjadi tameng dan hijab bagi orang yang membaca shalawat dari api neraka. Oleh karena itu, bersungguh-sungguhlah kita membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw, wahai kaum mukminin dan mukminat. Dan berlindunglah kita semua kepada Alloh Swt dengan keutamaan membaca shalawat dari azab yang pedih.

Disebutkan dalam berbagai kabar bahwa tiang Arsy itu tertulis “Barang siapa merindukan rahmat-Ku, maka Aku akan memberikan rahmat kepadanya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku maka Aku akan memberinya. Barang siapa yang memohon kepada-Ku maka aku tidak akan melupakannya. Barang siapa mendekatkan diri kepada-Ku dengan kemuliaan Muhammad saw, maka Aku mengampuni dosanya sekalipun sebanyak buih di samudra.

Diriwayatkan Rosululloh saw pernah bersabda, “Barang siapa memperbanyak bacan shalawat kepadaku, maka sesunguhnya aku akan memberikan syafaat untuk kalian menurut kadar bacaan shalawat tersebut.”

Telah dikisahkan dari as Syibli rah.a, bahwa dia berkata, “Ada salah seorang tetanggaku meninggal dunia. Lantas aku bermimpi bertemu dengannya, aku bertanya kepada orang itu tentang keadaannya setelah mati, ia menjawab, “wahai Syibli, bencana yang sangat besar telah berlalu dariku. Hal itu terjadi ketika aku ditanya, tiba-tiba lisanku tersendat-sendat untuk menjawabnya. Tiba-tiba ada dua malaikat yang menghampiriku, salah satu darinya hampir saja menimpahkan azab kepadaku. Ternyata pada waktu yang bersamaan itu ada seorang lelaki yang sangat tampan paras wajahnya. Kemudian dia menghalang-halangi kedua malaikat tadi dariku. Aku bertanya kepadanya, “siapakah dirimu sebenarnya ?” Dia menjawab, “Aku adalah malaikat yang diciptakan oleh Alloh dari pahala pembacaan shalawatmu kepada Muhammad. Dahulu kamu sering membaca shalawat kepada Muhammad saw. Oleh karena itulah aku membebaskanmu dari semua jenis kesedihan dengan seizin Alloh Azza wa Jalla. Aku akan membebaskanmu dari azab neraka dan menemanimu sampai kamu masuk ke dalam surga dengan rahmat Alloh.”

Alloh telah mewahyukan kepada Musa as, “Wahai Musa, jika kamu menghendaki Aku menjadi lebih dekat dari lisanmu sehingga mengajakmu  mengajakmu berbicara, lebih dekat dari pandanganmu sehingga memandangmu, dan lebih dekat dari  pendengaranmu, maka perbanyaklah membaca shalawat kepada kekasih-Ku Muhammad saw.” (Roelly R - Hamba2 yang selamat dari tipu daya Musuhnya/Ibnu Hasan Bisri At-Turjani/Suprayitno,B.A.M, MBA)
SUKSESKAN PEMILU 2024 MENUJU INDONESIA RAYA
Terima kasih atas Kunjungan anda, Mohon tinggalkan Komentar

Recent Posts